Selasa, 24 November 2015

0 komentar

let it snooow

Minggu lalu ngeliat weather forecast udah mulai horor
Suhu udah mulai satu digit sepanjang hari walaupun belum sampe minus
Dua hari lalu sempet excited karena ngalamin yang namanya hujan es pas lagi sepedaan di malam hari
Dan hari ini tangan kebas sekebas kebasnya cuma karena lupa bawa sarung tangan dan mesti sepedaan dari orion ke bornsesteeg
Liat pembaca temperatur di hape, normal 2 derajat, liat real feelnya minus tujuh. Okay, pantes aja.


Rencana sore ini mau sepedaan lagi ke ede sama alip, bantuin program bb idealnya si alip
Tapi udara begini bikin menyerah!
Angkat topi buat alip yang tetep kekeuh ke ede, dan mau kita titipin segambreng titipan makanan asia :3

Daaan ulala!
Sore ini hujannya dereees dengan angin khas belanda yang bikin jalan sempoyongan apalagi naik sepeda~
Dari siang ramalan cuaca udah bilang kalo salju bakal turun
Dari pagi grup wasap udah rame sama excitednya anak" nungguin salju, setelah kemaren rame sama obrolan excited karena embun" sepanjang jalan pada berubah jadi es
Makin sore, hujan makin deres, dan sesekali ada butiran putih yang ikut jatuh

Welcome snow!!!
Walaupun saljunya masih turun bareng air hujan, tapi anak" udah pada ngobrolin perang salju, rencana bikin boneka salju, sama mulai nyanyi" let it snooowww let it snooooww hahahhaa

Aaaahhh, makin deket winter, waktu solat makin rapet pet pet
Matahari makin berasa anugrah banget
Mood, be nice yaaa!
Jangan ikut sendu karena cuaca sendu ;)



Ohya, Kamu,
tetep jadi matahariku ya! Hahaha *mabok*

Minggu, 08 November 2015

3 komentar

IELTS?

Akhir" ini suka ada yang nanya masalah ielts
Lama" jadi cape juga kalo harus ngetik lagi ngetik lagi~ jadi dibuat disini ajayak cerita tentang tiap partnya
ini yang aku ingat dan pahami ;)

#listening
Biasanya ada 30 soal yang dibagi ke 4 kelompok besar~
Untuk setiap kelompok soal nanti ada waktu setegah menit utuk memahami dan scanning soal sebelum audio diputar
Kalo aku biasanya ngegarisin inti2 soalnya di waktu ini, jadi pas dengerin audio bisa fokus, terus kalau udah kelewatan jadi tau kalo harus move on
Jawab di lembar soal aja dulu, nanti diakhir dikasih waktu 10 menit untuk nyalin jawaban

#reading
soal juga 30, ada 3 bahan bacaan
Alokasikan maksimal 20menit untuk tiap bacaan, biar semua ke cover~ jangan lupa salin jawaban ke lembar jawaban, karna buat reading gak ada additional time buat mindahin jawaban
Baca petunjuk di tiap kelompok soal, jangan sampe salah cuma karna ngisi gak sesuai petunjuk

#writing
Alokasikan maksimal 20menit di task1, 40menit di task2
Nilai task2 lebih besar, kalo aku kerjain task2 duluan di awal, baru deh task1
Usahakan buat cover minimal kata yang disyaratkan~ 150 untuk task1, 250 untuk task2
Task1 kita menceritakan data yg sudah ada, data bisa berupa bar chart, line chart, table, map, atau process
Task2 kita mengutarakan pendapat terhadap suatu fenomena atau statement, kadang bisa diminta solusi juga, tergantung soal
Biar nulisnya rapi dan tertata, buat main mapping dulu, dirinci apa yang mau disampaikan, terus dikelompokkan sesuai idenya biar di tiap paragraf terarah dan gak kemanamana

#speaking
Grammar penting, tapi gak penting2 banget hehe
Usahakan menjawab pertanyaan dari interviewer dengan kalimat kompleks, jangan pendek2, terus gunakan vocab yang tepat dan bervariasi
Task1 kebanyakan ceritain ttg diri kita, kebanyakan pake present tense
Task2 gabungan~ tapi yg pasti banget dipake past tense
Waktu 1 menit untuk merancang jawaban dipakai seoptimal mungkin, gausah salin soal, buat intinya aja
Usahakan untuk terus ngomong sampe diberhentikan sama interviewer, karena over time lebih oke dari under time, itu menunjukkan kalo kita gak lack of idea
Task3 ditanyain pendapat sama ramalan kita tentang suatu topik di masa datang, jadi selain pake present, past, juga pake future tense huehehe
Usahakan senyum dan pasang muka natural, bule juga manusia :3

Semoga membantu!
Sukses buat yang mau ambil tes ya :)
I feel you!

Jumat, 06 November 2015

1 komentar

londo dan transportasi

Sudah bulan November, sudah lebih dari dua bulan aku berhenti mengaduh karena panas
Disini dingin, ditambah dengan siklus el nuno disini jadi semakin dingin pada waktu" random
Awal autumn, di minggu tenang untuk belajar, suhu bahkan sempat 0 derajat, 3 hari berturut"!
Daun bahkan belum semuanya menguning, tapi aku sudah harus mendobel jaket, sudah harus memakai sarung tangan setiap kali bersepeda, dan menutupi hidung dengan syal atau apapun biar gak terasa sakit saat bernafas
Nafas udah macam naga, beruap setiap harus mengeluarkan kata
Kadang aku jadi rindu gunung, rindu dengan permainan kekanakan 'uap siapa yang paling panjang' hahaha :D

Ah ya, ayo mulai menulis sesuai judul HAHAHA
transportasi dan londo~ ada satu kata sifat yg bisa mewakili mereka. Mahal :|  kalau kata Alif, mehong


Buat pendatang baru yang gak tau apa" dan selalu beli tiket reguler, pengeluaran untuk bus, kereta, trem, metro, dsb bisa jadi lebih besar daripada pengeluaran untuk bayar tempat tinggal ditambah makan.
Cukup banyak pengalaman bodoh yang aku dapat terkait transportasi di londo :p

Group ticket
Ini salah satu fasilitas yang bener" membantu untuk menekan biaya transportasi. Untuk bikin grup tiket, kita butuh 4-10 orang yang akan pergi dari stasiun manapun di londo, ke satu stasiun akhir yang sama.
Gruptik ini berlaku seharian untuk bolak balik naik kereta dengan jalur yang kita tentukan, pembeliannya online, dan kita harus ngeprint sendiri e-tiketnya untuk ditunjukin ke petugas kereta.



Harga akan semakin murah kalau orangnya semakin banyak, dan harga termurah adalah 7eur per orang kalau berhasil ngumpulin 10 orang :)
Satu kejadian fail tentang gruptik adalah waktu aku main ke utrecth~ jadi stasiun asal dan stasiun tujuan yang kita isi kebalik HAHAHA
akhirnya disuruh turun dan beli tiket biasa, jadinya malah habis 30eur buat pp sehari doang
Kenapa gak bikin gruptik baru dan ngeprint lagi? Sayangnya londo gak kayak indo, susah buat nemu tukang fotokopi atau tukang print disini~
Sedih, pengalaman memang mahal! --'

Dagkaart
Bentuknya macam kartu biasa. Ada dua jenis, yg satu dagkaart trein, yang satu dagkaart OV. Kartu ini bisa dipakai seharian juga~ yg trein cuma berlaku pas naik kereta, yang ov buat semua moda transportasi. Penjualannya gak tentu, kadang ada kadang enggak.
Sekalinya ada bakal cepeeeet banget habis! Soalnya harga dagkaart yg 15an eur ini bisa dibilang lebih murah separonya dari kalau beli tiket biasa. Kartu ini bisa jadi alternatif oke buat traveler impulsif yang gak suka merencanakan escape dari jauh" hari :)
Toko yang kadang jual dagkaart adalah kruidvat, hema, albert heins, dan entah apa lagi
Kejadian fail tentang dagkaart adalah, kita gak tau kalau dagkaart baru bisa dipakai setelah aktifasi lewat internet~ pas diperiksa petugas, kita disuruh aktifasi dulu, turun di stasiun berikutnya, ngetap, baru boleh naik kereta lagi HAHAHA
Seru, pengalaman memang bikin deg"an >,<

OV chipkaart
Ini juga kartu biasa, ini juga ada dua macam, anonymus dan personal. Bedanya, kartu ini bisa dipake untuk semua moda transportasi. Kartu ini macam kartu busway atau commuter line gt lah~ gausah bawa uang pas, asal dalem kartunya ada saldonya

Kita juga bisa pasang paket tertentu di kartu ini
Aku pake paket wiken vrij alias paket free selama weekend dan potongan 40% untuk hari biasa.
Kenapa? Males rebek mikirin group tiket, dan bisa sesukanya jadi traveler impulsif kalo weekend! Huehehe
Sebagai gantinya aku harus bayar 29eur tiap bulan.
Lumayan ngurangin digit di atm sih, tapi sepertinya pantas...
Apa yang bikin fail?
Aku punya TIGA ov chipkaart!!!!
Kenapa bisa tiga? Ah, ini cerita yang panjaaaaang dan melelahkan~
Perlu usaha untuk berjibaku dengan cs ns.nl, dan bolak balik caretaker tiap hari selama hampir 2 minggu :p
Besok pertama kali bakal pake ov!!!
Yeah, pengalaman emang kadang menuntut kita buat sabar ;)


Have a great weekend everyone!