Kamis, 13 Januari 2011

Tentang 2010 :)

baru bikin blog, jadi baru di post. haha. :D




2 januari 2011
cibereum 09:59 PM

malam ini baru dapat kesempatan bercengkrama dengan diri sendiri.
mencoba melihat kilas balik kehidupan saya dalam setahun ini.
bukankah 'lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali'? hehe alesan.

tahun 2010.
ingatan saya tentang tahun ini dimulai dari perjuangan mati"an sebagai seorang anak kelas 3SMA.
setiap hari 'digodok' untuk bisa menjalani UN dengan maksimal.
datang kesekolah jam tuju kurang seperempat, pulang ke rumah jam lima.
dilanjutkan dengan les jam tujuh malam, pulang kerumah jam sembilan.
begitu rutinitas terus berulang sampai mabok.
belum lagi try out setiap seminggu 3kali.
heran saya masih hidup sekarang. haha. :D

akhirnya dengan kerja sama yang baik walaupun sebenarnya salah, saya berhasil lulus beserta seluruh teman seangkatan saya. SERATUS PERSEN.
alhamdulillahnya saya sudah mengantongi IPB sebagai tempat menimba ilmu selanjutnya.
disaat teman-teman saya belajar untuk menghadapi snmptn.
atau disaat mereka pergi kesana kemari untuk mengikuti berbagai tes, saya malah gak tau harus melakukan apa. krisis kegiatan. :p
namun kemudian keadaan berbalik, karena di IPB kuliah dimulai sebulan lebih awal.
teman-teman saya nganggur sambil harap-harap cemas menunggu pengumuman.
dan saya sudah mulai merasakan menjadi mahasiswa. :)

ada yang menarik sebelum saya menapakkan kaki di bogor.
seminggu penuh kenangan di jogja dan solo.
bersama teman-teman seperjuangan saya.
abet, adhrid, jundi, tuwiit, umar, imam. :)
juga bersama kakak terbaik saya, mba nia. :)
seminggu penuh tawa, seminggu penuh pengalaman, seminggu penuh persahabatan, dan sayangnya seminggu penuh penghamburan uang. heleh.heleh. -...-"

yang saya temui selanjutnya adalah masa-masa diasrama.
sebulan pertama sangat berat.
mendekati UAS matrikulasi, saya sakit.
entah kenapa, kata ayah mungkin gara" kecapean kamar dilantai 5, trus capek jalan bolak-balik keruang kuliah karena kebiasaan naik motor.
entahlah. saya kena gejala hepatitis.
makan dikit muntah, gatau apa maunya perut ini.
yang jelas sakit itu gak enak.
lebih gak enak lagi ketika harus sakit jauh dari orang tua.
apalagi kalau mereka harus datang melihat keadaan kita.
ya, entah harus senang atau malu saat ayah datang ke bogor.
pokoknya hati saya sakit, terlalu banyak rasa bersalah yang muncul.
terlalu banyak yang harus dikorbankan.
sejak dari itu, saya bertekat akan menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya. :)

tentang 2010 selanjutnya adalah rasa bahagia ketika tau teman-teman saya satu persatu mendapatkan apa yang mereka impikan.
rasa bangga ketika melihat teman-teman saya mampu dengan kepala tegak menghadapi kegagalan dan menerima jalan terbaik dari allah.
rasa senang ketika menjadi bagian dari cerita keberhasilan maupun kegagalan dari teman-teman saya.
2010 mengajarkan saya kebersamaan yang begitu gila. :D

pulang kampung pertama saya juga terjadi ditahun ini.
hati saya gak karuan ketika pesawat akhirnya landing di bandara fatmawati soekarno bengkulu.
lebih gak karuan lagi ketika melihat kedua orang tua saya, keluarga saya dengan senyum terbaiknya ada disana menunggu kedatangan saya.
pulkam pertama yang tidak akan pernah saya lupakan.
aaah, mata saya berkaca-kaca menulis bagian ini.
membayangkan senyum sumringah dari wajah-wajah yang saya cintai tanpa syarat.
sudah hampir 4 bulan saya tidak bertemu mereka. :')

ohya, 2010 juga mengajarkan saya tentang betapa kecilnya saya.
di IPB saya seperti bukan siapa-siapa.
saya bukan anggota osis yang sering hilir mudik acara sekolah.
saya bukan ketua kir yang selalu berbicara di depan saat eskul.
saya bukan bendahara kojo yang dengan semangat membangun keuangan kelas.
saya bukan juara ini-itu yang dipanggil saat upacara bendera.
di IPB semua harus saya mulai benar-benar dari nol.
perlu adaptasi yang lumayan memakan energi hingga akhirnya bisa menerima.

lomba essai pertama saya gagal.
lomba essai kedua saya juga gagal.
seleksi heksos saya gak lolos.
seleksi BEM saya gak lolos.
kegagalan yang mendewasakan saya.
kegagalan-kegagalan yang mengajarkan saya buat ikhlas. :)
alhamdulillah Allah masih memberi saya sedikit kesibukan dengan meloloskan saya dalam seleksi FORCES.
di FORCES saya merasakan aura organisasi yang memabukkan dan mendapatkan semangat berkarya yang meluap-luap.
saya berhasil menemukan beberapa teman yang sepertinya akan menjadi keluarga baru saya disana, tempat berbagi uniknya hidup.
insyaallah. :D

'keluarga baru' bukan cuma saya dapatkan di FORCES.
banyak wajah-wajah baru yang sekarang mengisi hari" saya.
entah dengan canda tawa atau air mata. haha. :D
temen-temen asrama.
temen-temen kelas B14.
temen-temen sedaerah.
temen-temen seangkatan, sejurusan, sefakultas.
temen-temen kenal sehari, dan temen-temen lainnya lah. hheu. :p
saya belajar menerima perbedaan" ekstream,menjalin hubungan dengan berbagai karakter yang bertolak belakang.
selain itu teman-teman lama saya dengan sifat mereka yang baru juga tetap mengisi hari" unpredictable saya.
saya belajar kesetiaan, belajar menerima perubahan" membingungakan dan belajar menerima kehilangan dengan selapang dada mungkin dari mereka.
terimakasih sebanyak-banyaknya.
tidak peduli banyaknya ketidakjelasan yang timbul 2 bulan terkhir ini.
kalian masih yang terbaik. :)

terakhir dan mungkin yang paling penting.
di 2010, saya menjadi sadar dengan sepenuhnya.
betapa allah mencintai saya.
betapa kedua orangtua dan seluruh keluarga saya juga mencintai saya.
betapa teman-teman dan sahabat saya menyayangi saya.
betapa mereka semua berarti dalam hidup saya.
dan betapa saya TIDAK BOLEH mengecewakan mereka. :)

ya, saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa.
saya akan berjuang, dan tak akan bosan mencari jalan terbaik untuk melukiskan senyum penuh kebanggan di wajah-wajah mereka yang selalu merindukan keberadaan saya, meunggu kepulangan saya dengan begitu sabar.
tolong ingatkan saya ketika saya mulai goyah dengan komitmen ini.
semoga di tahun yang baru ini, tahun 2011.
saya bisa mulai melihat senyum itu merekah.
merekah dengan begitu manis. :)

penuh semangat dan harapan.
_istiqomah nurfitri_

0 komentar:

Posting Komentar