Minggu, 16 Desember 2012

Agribisnis~

Iya, AGRIBISNIS
departemen yang udah satu setengah taun ini ak jalani
ak jalani gitu aja, tanpa gairah hahaha

inget sempet sms kak septian ,
'kenapa ak gak pernah penasaran sama agribisnis? gak kayak kakak ke gizi?'
inget juga pernah ngomongin masalah ini ke cepek , sehabis dia bilang 'kalo ragu mending gausah'
dan ak langsung jawab 'berarti mestinya gue berenti dari agb dong ya pek? gue kan ragu sama agb'

dua hari ini, makrab bareng anak agb,
tergolong sepi untuk makrab yang sasarannya dua angkatan~
ak bukan mau ngomongin tentang berapa banyak tawa yang keluar saat makrab
bukan tentang seberapa lantang jargon GROWING THE FUTURE diteriakkan
bukan tentang seberapa kesel sama air yang mati idup diwaktu yang gak tepat
bukan tentang outbond yang sukses bikin basah dan terpaksa mesti mandi
bukan tentang tidur bareng empet"an sama anak agribisnis 47 :p
tapi lebih ke ragu yang mulai terkikis tentang agribisnis
tentang abuabu yang udah mulai jelas mau jadi putih atau pun hitam :')

ngerasa gak dapet halhal baru di agribisnis
ngerasa belajar gak terfokus, terlalu umum
ngerasa bingung sama apaapa yang dikasih di responsi
ternyata bukan cuma ak yang ngerasa kaya gitu
ternyata alumni yang sekarang udah jadi macem" juga sempet ngerasain fase itu
bahkan bu tintin, pak maryono gak ada bedanya~
'kuliah itu mendorong kita untuk mempelajari hal-hal lain. lulus s1 saya ngerasa masih bingung, masih belum tau apa-apa, makanya saya memutuskan untuk sekolah lagi. kalo alumni yang lain mungin lebih memilih belajar di tempat kerja, itu gak masalah'
'jangan kira apa yang kalian pelajari di kuliah, itu yang akan kalian pake di dunia pasca kampus. saya setelah keterima kerja seperti mengulang semuanya dari nol. saya bener-bener harus belajar berbagai hal yang baru'
'justru karena bahasannya yang terbilang umum itulah anak agribisnis lebih fleksibel menclok sana-sini, kita itu kaya kunci inggris~ gak cuma untuk satu lobang kunci'
dan lain" lah yang nyeritain agribisnis

oia, ada satu statement yang paling ngejleb dan memberi pemahaman ke ak
dari ka najmi, agribisnis 42~
kalo butuh orang bisnis, kenapa harus ambil orang agribisnis bukan orang bisnis?
'Orang bisnis itu bisa jual mobil pagi siang sore, dan berhasil jual mobil. Orang agribisnis itu jualan timun dimana harganya saat sore bisa jatuh hingga setengahnya. Orang bisnis bisa jual motor, ngirim dari jawa ke sumatera, walopun antrian di pelabuhan panjang, motornya tetep gapapa, tetep bisa dijual. Orang agribisnis itu ngejual tomat, dan harus memastikan tomatnya gak busuk, gak benyek sampe ditujuan, karna ketika tomat itu benyek, harganya bisa NOL. Orang bisnis itu gak mengenal gagal panen, kemarau, hama, dan berbagai ketidakpastian alam. Orang agribisnis harus bisa menyikapi berbagai ketidakpastian alam, harus bisa memperikaran resiko" alam untuk bisa menjual produknya'

Mesti banyak belajar di luar kelas, dan mesti serius!
mesti mulai memaksakan diri untuk penasaran sama agribisnis~
gak ada yang terlambat! :)
yeay! growing the future!!! :D


12 komentar:

Kiky Fitria Ambarwangi mengatakan...

Asli deg-degan baca ini......
Tp di satu sisi kiki jadi mulai meyakinkan diri dengan baca tulisan ini,,pasti akan ada fase dimana kita bakal paham tentang agb.

Istiqomah Nurfitri mengatakan...

apanya yang bikin deg"an? hahaha :p
aamiin kikyyyyyy :D

Kiky Fitria Ambarwangi mengatakan...

yang bikin deg-degan ya secara kita ini mahasiswi yang udah mau tingkat 3 akhir lhoooooooo.................tunjukkan ke agb an mu :p

Rinda Cipta mengatakan...

Gue mah dari dulu GALAU ma AGB... Berasa SALJU gue.... KWKWKWKWK

Istiqomah Nurfitri mengatakan...

aaaaaaaa :p

Istiqomah Nurfitri mengatakan...

skrang gue lagi mikir korelasi antara galau sama salju
huehehe :p

Nastiti Winahyu mengatakan...

kikiiii. inget banget apa yg kita omongin dulu waktu di kosan gue tentang AGB. haha. ternyata gak kita doang yang ngrasa.

istiii. haha. jujur gue berasa terhenyak denger kata2 itu dari bang najmi. tiba2 ada semangat yang muncul dari diri gue. mulai belajar untuk memahami jalan ini. entahlah.

Istiqomah Nurfitri mengatakan...

sejenis katakata ajaib ya ti :'D
yoyoyo semangat!
mulai dari UAS yang gaboleh main" hahaha :)

agribisnisempattujuh Ipb mengatakan...

bener banget, banget,banget, apalagi semester 4,
tapi sekarang yang kurasakan beda
#lebih yakin
semangat kawan2,Dia tau apa yang kita mau
hehe
terarengkyu wat Isti, kembali memotivasi juga;-)

Istiqomah Nurfitri mengatakan...

ini si titi lupa kalo lagi pake imel kelas atau gmn ini? haha :D
okeh! berjuang sama" yaaaaa :')

Anonim mengatakan...

hey ka.. saya oca. Saya baru melepas masa putih abu nih dan bingung mau milih jurusan. Saya kepincut sama agribisnis ka, tapi sayang pandangan orang cenderung miring.. apa sih ka yang buat kaka milih jurusan ini? terus prospek kerjanya gimana ka? :)

Istiqomah Nurfitri mengatakan...

halo oca :)
jujur aku kemaren milih agb itu asal" aja, dan ternyata masuk hehe :p
nah! itu kamu bisa kepicut agb kenapa?
kalo kamu udah kepicut, ibaratnya jatuh cinta, ngapain dengerin omongan orang heu :p
orang yang fokus sama yang dia suka pasti ntarnya kece deh :3
kalo kerja itu tergantung kita pribadi menurut aku, tapi kalo kakak kelas aku macem" kerjaannya :D
ada yang di perusahaan pangan jadi manajer, ada yang di bank, ada yang jadi pendamping petani, ada yang dosen, banyak yang jadi pengusaha dari mulai kecil"an sampe gede"an :)

Posting Komentar